Skip to content

muslimXsukses

Akhir-akhir ini sering kali aku mendengar nasihat akan pentingnya menjadi muslim yang sukses. Entah apapun profesi yang kita emban nanti, tanggung jawab kita adalah membawa kepermukaan akhlaq yang terpuji di lingkungan masyarakat. Tentunya bukan dalam konteks riya atau mempamerkan amal ibadah. Kalau sesuatu hari nanti Anda menjadi seorang bussinessman, tunjukkanlah cara mengolah bisnis yang transparan dan jujur seperti Rasullah berdagang. Jika takdir memberikan Anda tanggung sebagai politikus, cobalah memimpin organisasi ataupun negara ini dengan Amanah dan peduli dengan rakyat bawah. Dan bila suatu hari nanti Anda ternyata adalah seorang engineer handal, shalatlah tepat waktu ditengah kesibukan pabrik, tunjukkan bahwa kecerdasan dan kepiawain Anda tak lain tak bukan berasal dari Allah SWT. Menjadi role model yang baik itu sebuah kebaikan, kebaikan yang akan memanggil kebaikan-kebaikan lainnya.

Apa pentingnya menjadi muslim yang sukses? Kenapa tidak fokus pada ibadah saja? Apa harus punya jabatan lalu seorang muslim baru bisa dikatakan sukses? Menurut saya tidak, tidak harus punya jabatan prestige untuk dikatakan sukses. Namun kita harus mempunyai peran dalam lingkaran masyarakat. Ibu yang sehari hari mengasuh anak di rumah juga gak kalah sukses dengan seorang dokter loh, karena bisa jadi anak yang diasuhnya itu yang bakal menjadi presiden suatu hari nanti. Tapi menurut Saya pribadi, ada nilai plus nya saat kita menjadi seorang muslim yang sukses dalam konteks jabatan prestige. Ambil saja contoh saat ini, ketika kita menyaksikan saudara kita di Rohingya “dibasmi” dengan kejamnya oleh Pemerintah Myanmar, saya sebagai mahasiswa sedikit terbatas untuk membantu mereka. Mau nyumbang, eh uang gak seberapa. Mau mengecam pemerintah Myanmar, siapalah saya yang gak punya organisasi atau massa. Mau melawan ke sana, modal ketapel? Usaha yang lumayan realistis yang dapat dilakukan yaaa palingan berdoa, menyebarkan berita, dan donasi beberapa rupiah. Hehe.

Beda halnya jika Anda adalah presiden negara ini, impact yang bisa diberikan tentu bisa lebih luas. Entah itu melayangkan nota protes ke PBB, mengecam pemerintah Myanmar melalui penarikan duta besar, memboikot produk dan kerjasana antar negara, atau bahkan menggerakkan kekuatan militer untuk membantu etnis Rohingya. Semua itu akan terwujud dengan dua core point : Anda muslim yang baik dan Anda sukses.

Saya doakan yang membaca semoga menjadi muslim yang sukses dan mampu memberikan big impact yaaa! Aamiin.

Published inMy Blog

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *