Skip to content

[Day 1-2] SE Anti Biasa!

Halohaa~ sini aku ceritain pengalaman ku ikutan Study Excursion (SE) K52 Anti Biasa! Jadi seperti biasa tiap akhir tahun ketiga mahasiswa teknik kimia bakal ada kegiatan kunjungan pabrik + jalan-jalan yang commonly called SE. Awalnya yang aku tau cuma segitu; ke pabrik, lihat-lihat alat pabrik, sama jalan-jalan dikit kemana gitu. Tahun lalu K51 SE ke Jakarta dan Palembang banyak sih pabrik yang dikunjungi, tapi point target nya ke Pupuk Sriwijaya dan mereka banyak jalan-jalan malahan separuh SE nya di jalan hehe iya K51 SE pake bis dari Surabaya ke Palembang. Seru toh? Rame-rame seangkatan dalam bis berapa hari berapa malam, kedinginan kena AC, nyeberang pulau Jawa ke Sumatera, teriak-teriak di selat Jawa (ini aku ngarang hehe). Tapi itu cuma pikiran ku aja, soalnya ga tau persisnya gimana. Nah, SE K52 gimana?

K52 yang SE kok Karim ikutan? Awalnya diajakin Ilham, bukan sih bukan ilham, peliharaan ilham tepatnya, Fira. Sore-sore masih nongkrong di plasa, trus ada line masuk. “Dul, kamu mau ikutan ke Kalimantan gak?” aku bales “mau mau Fir” kirain dia ngajakin ke Kalimantan buat ngapain gitu, jalan-jalan atau apa. “Yaudah fix ya? Pastiin dulu sebelum maghrib, mau dipesen tiketnya” memang jago peliharaan ilham bisa pake line “iyaa fix”. Masih lanjutin ngobrol sama onad, angga eko, rillya, uni (eh ada uni ga ya, ada kalau ga salah) “Sik Fir, ngapain ke Kalimantan?” dan ternyata…. Yasudahlah

Here we go! Kirain cuma aku berdua sama ilham perwakilan K53 aja yang ikutan SE, ternyata Uda juga ikutan setelah merayu amak apak nyo (minangese: ibu bapak nya).Yap, kita bakal berangkat kira-kira jam 9, katanya. Sudah siap semua perlengkapan, termasuk Saftey Helm yang aku nemu di depan Lab TK, entah punya siapa hehe. “Dul, dimana? Sudah berangkatkah?” Peliharan Ilham ngeline. “Ini mau berangkat” replied “Ayo sini kontrakan Ujik”. Ilham yang berangkat kok peliharaannya yang ribet sih, dari kemarin juga nyari nyari tas buat majikannya juga. “Iyo aku kesana”. Ternyata dan ternyata… Ujik juga ikutan! Buahahaha sebelumnya Ujik pernah nanya-nanya tentang SE ini, dia mau ikutan tapi ga ada uang, ga tau ini dia ngambil uang siapa. Bodo amat yang penting aku ga berdua tok sama Ilham, homo.

IMG_8985

Setelah briefing di aula Odjoe kita berangkat ke Bandara Juanda dengan bis. Ini keadaan sebelum keberangkatan, masih nunggu Citilink yang delay, bisanya delay lebih dari sejam, kirain cuma singa yang bisa delay lama. Tuh, orang yang nyegir duduk di lantai pake kaca mata itu yang jadi otak utama SE K52, ateb sam, mas beta. Aku akui jago memang tu orang bisa ngehandle SE yang anti biasa! Itu juga mas Dion lagi make topi yang teriak-teriak kapan pun dimana pun, check jumlah anak-anak, mastiin sudah makan, sudah mandi, sudah semuanya. Terbaik memang mereka. Dan apa yang dilakukan 4 bocah alay sebelum berangkat? haha tetap saja alay. Kita ngumpulin tiket keberangkatan. Sebagian orang mengira itu kegiatan yang sangat mainstream tapi sebagian kecil dari mereka berpikir “Nanti apa yang mau aku ceritakan ke anak cucu ku? Biarlah alay”-Faiz, TC 2013.

IMG_8977

IMG_8991

Wkwkwk, alay memang orang berempat ini. Perjalanan surabaya-balikpapan ditempuh dalam waktu 1 jam 30 menit dengan ketinggian… entah lah ga dengerin pilotnya ngomong. Yang jelas hari ini Citilink berbeda! Full Ungu! xixixi Isi pesawat ya kita semua, cuma ada beberapa penumpang lain. Aku ga tau apa yang terjadi di atas pesawat, aku tidur, ngantuk telat tidur malamnya. Jelas aku kebangun udah di atas Pulau Kalimantan, disambut manuver pilot citilink yang entah kenapa lumayan buat cemas semua penumpang (apa aku aja ya?) manuvernya terlalu ekstrim menurutku, mungkin karena bandaranya terlalu dekat dengan laut.

Kata si Mia sih gini “Wah, nanti kalian ke bandara nya tuh, kereeeeen” selintas aku pengen merekrut Mia jadi bagian anak alay ahaha apasih yang keren dari sebuah bandara, biasa aja, pikirku. “iya ta?” cuma bisa bilang gitu karena belum pernah lihat Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman. Dan apa yang terjadi….

IMG_8998

Nah loh, inila yang teradi… btw ini terjadi kalau ternyata cuma aku dan ilham K53 yang ikutan SE anjaaaas -_- Mmmmm… Not bad lah bandaranya buat anak alay kayak kita. Untungnya kita berempat dan ketemu mbak dayak yang cantik rupawan xixixi

IMG_9004

Oke cukup cerita kekhilafan kita.

DAY 1

Touchdown di bandara dan langsung dijemput pihak Pertamina Balik Papan. Tepatnya sih dijemput alumni, karena alumni ITS Balik Papan yang mengusahakan semua transportasi, akomodasi, dan kesempatan buat kunjungan pabrik selama di Balik Papan. Kita punya 4 perusahaan yang bakal dikunjungi: Pertamina, Pupuk Kaltim (PKT), Badak LNG, dan Kaltim Prima Coal (KPC).

IMG_9005

IMG_9010

Kita dikasi penginapan di Asrama Haji Balikpapan, lumayan bersih dan rapi penginapannya. Dan sekali lagi itu gratis haha itu yang terpenting. Malam hari nya ada acara sambutan oleh alumni ITS Balikpapan. Hanya acara sederhana, jamuan makan malam dan sharing pengalaman oleh alumni. Tapi bagi kami yang sederhana itu acara sharing pengalamannya, untuk makan malam ini luar biaassaaaa~ haha lumayan buat memperbaiki gizi dari kebiasaan penyetan dan spesies nya di Keputih. Dari acara ini banyak alumni yang berbagi pengalaman setelah lulus dari ITS, beliau semua sudah mahir di bidangnya, menempati posisi strategis di perusahaan, dan punya jam terbang yang tinggi. Misalnya Pak siapalah itu namanya, beliau sekarang bekerja di Total dengan posisi Manager Marketing (?) kalau ga salah sih, sudah punya pengalaman kerja yang tinggi, pernah ditempati dibeberapa negara; Prancis, UEA, South Africa. Hebatnya lagi beliau masih sangat muda, sangat sangat muda. Ya tampang mas mas lah. Key lesson yang aku dapat dari mas nya: Otak, Mulut, Hati. Ya… otak untuk profesional need, mulut untuk communication need, hati untuk self need. Harus punya kemampuan dibidangnya, harus jago komunikasi terutama bahasa inggris, dan percaya kalau kita mampu melakukan apa yang harus kita hadapi.

pr3a9975

img_9029

pr3a0070

 

 

 

Waaah hari pertama aja sudah menyenangkan. Tidur enak, makan enak, dan dapat pengalaman yang berharga dari alumni plus suntikan motivasi buat sukses (read: segera menyelesaikan kuliah).

Momen yang paling berharga bagi mas mbak K52 pastinya bisa kumpul rame-rame seangkatan trus foto bareng, sambil teriak kencang…. K52…. Anti Biasa!

DAY 2

Pagi ini dimulai kunjungan pabrik yang pertama, Pertamina! Whoooah Dari subuh udah siap-siap buat ke kilang pertamina, sudah mandi, sudah sarapan, sudah rapi. Tapi ya gitu, rencana berangkat jam 7 tertunda karena bis pertamina juga dipake untuk keperluan pabrik, jadinya baru berangkat jam 9an. Kami kloter terakhir, datang kesana, acara sambutan oleh pertamina udah selesai. Alhasil cuma bisa nikmati makanan wkwkwk alhamdulillah sih ga denger apa-apa malah dapat makanan.

Sebelum berangkat, seperti biasa teletubies (panggilan untuk kita berempat dari mbak Itak karena kemana-mana selalu berempat) berkelana kemana-mana. Dan kita menemukan…. jengjeeeeng~

IMG_9108

Iya kita menemukan mas-mas engineer pertamina, Ujik yang dari awal udah pengen banget ngobrol sama mas nya langsung nyamperin. Sudah basa basi ini itu, mas nya cerita kalau di Kalimantan alumni ITS cukup mendominasi. Di Pertamina Balikpapan untuk posisi strategis tertentu alumni teknik kimia juga banyak. Awalnya mas nyoba tes di pertamina dan alhamdulillah lolos. “gimana mas pelajaran di kuliah kepake ga?” pertanyaan lawas ini “ya tentu itu dasar kita buat kerja, gimana mau lolos tes kalau ga belajar, apalagi kita dibagian process engineering. Tapi nanti waktu kerja bakal diupgrade lagi, ada pelatihannya, skill komunikasi dan kerjasama bakal dipantau oleh atasan. Biasanya 3-4 bulan sekali ada tes kemampuan pribadi oleh atasan Pertamina untuk melihat perkembangan personal agar bisa ditentukan si A akan naik level atau enggak” Ya kepribadian ga bisa dibentuk dengan tiba-tiba, pasti dibangun sejak awal.

See, memang banyak orang dulu yang ga sekolah dan berhasil atau yang kuliah main-main dan berhasil. Tapi itu hanya sebagian kecil. Emang ada berapa orang sih yang nasib nya kayak Bill Gates? atau kayak Basrizal Koto? ataupun Larry Page? Hitungan jari. So, mas mas pertamina ngingetin; persiapkan dengan matang masa depanmu.

IMG_9119

Masih belum puas cerita-cerita dengan mas nya, kita harus siap-siap untuk kunjungan pabrik. tapi ya begitulah, dilarang membawa hp dan kamera , jadinya ga ada bisa dokumentasikan. Well, disana kita dibawa ke ruangan miniatur pabrik trus dijelasin proses produksi bahan bakar oleh pertamina. Ada 3 plant, ketiga-tiga nya punya fungsi yang berbeda beda. Aku ga terlalu paham apa yang bapak-bapak itu jelasin, masih terlalu asing istilah yag digunakan, tapi mas mbak K52 sepertinya udah paham dan nyambung dengan apa yang diomongin. Aku malah mikir “Yaapa cara nya bisa bikin miniatur sebesar gini dan full detail object” buahaha mendingan dari pada nahan ngantuk denger penjelasan yang belum bisa dicerna. Setelah dibekali di ruangan tadi baru kita diajak muter-muter kilang produksi. Melihat dari dekat alat-alat yang digunakan, para engineer yang bekerja, aturan yang super disiplin, dan teriknya matahari di siang hari. -_-

Oh ya…. sebenarnya…. Apa yang dilakukan teletubies selama penjelasan pabrik dan materi yang belum bisa dicerna? Berpelukaaaan?

haha yo mungkin gitu imajinasi mbak itak -,-

Noh, Teletubies selfie ceria

IMG_9060

Teletubies menemukan banyak makanan. “Tetaplah mengunyah!”

IMG_9093

Teletubies foto keluarga

IMG_9067

Over all aku dapat suntikan semangat buat semester depan harus belajar lebih giat biar apa yang dijelasin bapak-bapak tadi bisa aku cerna. Masih ada dua tahun untuk mempersiapkan masa depan yang cermerlang~ terbilang~ dan gemilang~

Ya begitulah hari pertama dan kedua Study Excursion K52. Masih banyak pengalaman yang bisa diambil di hari-hari selanjutnya, dan yang pasti lebih seru! Bersambung ya…

……… Next day? Bontang! ……….

Published inMy Blog

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *